24.1.15

Peran Internet Satelit VSAT di Indonesia



Teknologi VSAT (Very Small Aperture Terminal) mempunyai peran sangat penting di Indonesia. Hal ini mungkin tanpa kita sadari kita sering berkutat dengan tekonologi VSAT dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satu contoh aplikasi VSAT di Indonesia yang sering kita jumpai dan hampir tiap hari kita gunakan yaitu pada sistem ATM Bank yang sudah tersebar di seluruh daerah di Indonesia baik di kota-kota besar maupun kota kecil. VSAT di Indonesia menjadi solusi praktis dalam dunia perbankan untuk mengatur sistem kerja ATM mengingat kondisi geografis Indonesia yang berupa negara kepulauan sehingga tidak memungkinkan jika mengandalkan internet kabel (Wireline) saja. Contoh lain pemanfaatan VSAT yang bisa kita lihat yaitu pada mobil layanan SIM Keliling dan Layanan Internet Keliling.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada di antara benua Asia dan Australia dan di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari ribuan pulau. Indonesia memiliki sekitar 13.487 pulau yang terdiri dari pulau besar dan kecil dan sekitar 6000 di antara pulau-pulau tersebut tidak berpenghuni. Indonesia dilintasi garis khatulistiwa sehingga berpengaruh pada iklim tropis yang dialami.
Dengan kondisi geografis tersebut maka tidak memungkinkan jika untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi khususnya akses internet Indonesia hanya menghandalkan internet melalui jaringan kabel saja (Wireline) termasuk fiber optic maupun Wireless yang menggunakan media (last mile) microwave radio. Apalagi jika melihat infrastruktur telekomunikasi yang masih kurang terutama di wilayah Indonesia Timur seperti di daerah Papua. Oleh karena itu internet VSAT di Indonesia yang menggunakan media satelit menjadi solusi praktis untuk menjawab kebutuhan akses internet tersebut. Dengan internet satelit VSAT ini maka kendala goegrafis tidak lagi menjadi masalah bahkan di lokasi yang berada di daerah terpencil sekalipun. Hal ini tentu sangat membantu seperti yang kita lihat penggunaan teknologi VSAT ini pada dunia bisnis dan perbankan. Kantor-kantor layanan pemerintah yang berada di kota-kota kecil juga memanfaatkan teknologi VSAT ini. Dan baru-baru ini pemerintah juga sudah memanfaatkan teknologi VSAT ini untuk akses internet di pulau-pulau terluar Indonesia untuk menjaga kedaulatan NKRI. Perusahaan-perusahaan tambang yang kebanyakan berada di daerah yang tidak terjangkau internet kabel (Wireline) juga sangat terbantu dengan teknologi VSAT ini.

Provider-provider yang tergabung di Jaringan PRIMADONA Net sudah berpengalaman menangani pengadaan internet VSAT di Indonesia di daerah manapun hingga di daerah terpencil sekalipun. Provider-provider di Jaringan PRIMADONA Net siap support internet satelit VSAT Indonesia terutama VSAT C Band yang dikenal tahan terhadap perubahan cuaca. Provider-provider yang ada di Jaringan PRIMADONA Net menyediakan berbagai pilihan paket VSAT dengan harga (tarif) murah dan terjangkau. Paket-paket VSAT tersebut dapat dipilih sesuai dengan tingkat kebutuhan dan budget dari calon pelanggan. Kami sering menangani pengadaan internet VSAT ini untuk segmen corporate dan public sector seperti perusahaan BUMN, Swasta, Instansi Pemerintah, Bank, Kampus, Sekolah, dan lain-lain. Dengan pengalaman ini kami berharap dapat memberikan layanan internet yang semaksimal mungkin kepada pelanggan serta ikut mendukung perkembangan pembangunan di Indonesia melalui pengadaan akses internet di seluruh daerah di Indonesia.